Sabtu, 15 Februari 2014

Contoh Soal Bahas Indonesia Dan Pembahasannya



21- Menurut Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter.
Kuli Kontrak, Mochtar Lubis
Konflik dalam kutipan tersebut adalah ....
A.             Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B.             Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C.             Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter.
D.             Rasa tertekan perasaan istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka.
Kunci : C
Penyelesaian :
Konflik dalam sebuah berita ada dua jenis, yaitu :                                       
a.             Konflik lahir yaitu pertentangan seorang dengan tokoh lain, bisa dalam bentuk pertengkaran, perkelahian atau perdebatan.
b.             Konflik batin yaitu pertentangan antara perasaan, pikiran seseorang yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang bertentangan dengan kenyataan.
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak
terhadap Opzichter.
22- (1) Teman-teman Fajar bersorak gembira. (2) Daffa terkulai lemas karena layang-layangnya putus. (3) Senja pun tiba. (4) Ketika terdengar suara adzan,  anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. (5) Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti. (6) Fajar menjadi semakin tinggi hati.

Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bertanda nomor ....
A.     (1)                                    C.  (4)
B.  (3)                          D.  (6)

Kunci Jawaban                    : C

Pembahasan                        :
Nilai agama adalah nilai atau ketentuan yang terdapat dalam agama yang mesti dipatuhi oleh penganutnya. Dalam cerita tersebut dapat diketahui ketaatan anak-anak untuk menjalankan salat di masjid. Bukti: Ketika terdengar suara adzan,  anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid.

25- Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 25!
Brilian : Sekarang serahkan hp kalian, kami akan minta uang tebusan!!! (mendorong Dimi masuk)
Dimi    : Ka …ka ...  kami tidak bawa hp (gugup).
Brilian : Periksa kantongnya!!
Timmy : Siap, bos. (memeriksa kantong)
Markus: Ada gak? Ini tempat apa? (matanya melotot)
Timmy : Ruang menyimpan perkakas bekas (sambil meraba kantong si anak). Ini bos, hpnya (mengeluarkan hp N.95).
Markus : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Timmy : Siap, bos!
Latar kutipan tersebut adalah ...
A.    gudang                        C.  kamar
B.     garasi                          D.  rumah

Kunci Jawaban                   : A
Pembahasan                       :
Bukti latar tempat: Timmy : Bekas menyimpan perkakas

27-Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey ditegur  Pak Tanto karena lupa mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia beranji tidak akan lalai lagi.

Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A.    Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey, menegur Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B.     Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C.     Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa tidak mengerjakan PR.
D.    Rabu, 14 Januari 2009, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Buku harian berisi pengalaman seseorang yang paling berkesan. Isinya terdiri atas pengalaman paling berkesan, waktu, dan waktu yang dituangkan dengan kalimat yang ekspresif. Biasanya dalam pengungkapannya penulis menggunakan kata ganti orang pertama (saya, aku).
28- CONTOH BUKU HARIAN
                    Hari ini aku merasa sendiri dan kesepian entah mengapa mungkin gara-gara aku kehilangan sahabat terbaikku. Sahabat yang selalu bersamaku kini dia meninggalkanku untuk selama-lamanya. Aku tidak menyangka kalau dia akan pergi secepat ini. Ya allah mengapa harus dia yang engkau panggil padahal aku masih sangat membutuhkannya. Aku butuh dia untuk menemani hari-hariku yang sunyi ini. Ya allah berilah aku sahabat yang bisa mengerti aku seperti dirinya agar aku tidak merasa sendiri.

29-Ketua OSIS hendak mengadakan rapat pengurus. Ia menugasi sekretaris agar   menyiapkan surat undangan rapat.

Isi pesan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A.    Harap segera secepatnya susun surat undangan.
B.     Segera siapkan surat undangan rapat pengurus.
C.     Segera siapkan daftar hadir rapat pengurus secepatnya.
D.    Harap edarkan surat undangan rapat pengurus yang dibuat.

Kunci Jawaban                   : B
Pembahasan                       :
Isi sebuah pesan singkat selain bahasanya singkat juga isi harus sesuai dengan ilustrasi yang diminta. Pilihan A, C, dan D kesalahannya terletak pada ketidaksesuaian dengan ilustrasi.

30-
MEMO
Untuk : Siti Rahma

Siti, tolong besok bawakan aku buku Lirik Lagu Daerah untuk latihan pensi.

Rohmatullah
SURAT MEMO
Mohon saudara mewakili saya untuk mengikuti rapat di Dinas Pendidikan Pemalang yang akan diadakan pada:
Hari: Senin
Tanggal: 12 November 2012
Pukul: 09.00 WIB
Tempat: Aula Dinas Pendidikan Pemalang
Acara: Rapat Penyelenggaraan Ujian Nasional
Mohon untuk dilaksanakan dengan sebaik - baiknya. Terima kasih

                                                                                    Pemalang, 5 November 2012
                                                                                    Kepala Sekolah
                                                                                                         
                                                                                    Drs. Suherman Antraman




1.       Nilai Moral
Dalam cerpen tersebut dikisahkan tentang seorang perempuan tua yang memiliki masa lalu yang sangat menyedihkan. Awalnya, perempuan itu hidup bahagia. Akan tetapi, setelah kematian anak semata wayangnya, hidupnya berubah menjadi sebuah kesedihan yang berkepanjangan. Akan tetapi, perempuan itu tidak pernah putus asa. Dia terus berjuang untuk mempertahankan hidupnya. Bahkan, perempuan tersebut tetap tegar dengan pendiriannya saat dirinya hampir terjerumus ke dalam lembah hitam. Hal tersebut dapat dilihat dalam kutipan berikut.

"Berkali-kali majikannya, seorang bandar narkoba, menawarinya untuk bekerja sebagai pengedar barang haram tersebut sekaligus sebagai wanita tuna susila. Tetapi, ia bersikeras walau sebagai pembantu gajinya sangat kecil. Ia tidak tertarik sedikit pun pada penghasilan yang lumayan besar seperti yang didapat oleh perempuan-perempuan cantik yang sering berkumpul di rumah majikannya itu.
Lama-lama ia tidak tahan juga, apalagi setelah sang majikan memaksanya untuk mengikuti keinginannya, yaitu menjadikannya seorang wanita tunasusila. Ia bertahan pada pendiriannya dan pergi meninggalkan istana penuh dosa itu."


Dari kutipan tersebut, ada sebuah nilai moral yang hendak disampaikan oleh pengarang. Pengarang hendak mengemukakan bahwa meskipun kita didera kesulitan hidup, kita tidak boleh terjebak oleh nafsu dunia. Kita harus berpegang teguh pada pendirian kita dan pada ajaran agama.

2. Nilai Budaya
Nilai budaya merupakan nilai-nilai yang bertolak dari perilaku kehidupan sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi. Nilai budaya tersebut dapat mencakup berbagai masalah, di antaranya kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, cara berpikir, dan bersikap.
Dalam cerpen "Sandal Jepit Merah" tersebut, masyarakat yang digambarkan adalah sekelompok orang yang tinggal di kawasan pinggiran kota. Mereka tergolong ke dalam strata sosial menengah ke bawah. Hal tersebut dapat dilihat dalam kutipan berikut ini.

"Dengan berbekal keterampilan di bidang bangunan, Mamat mampu membiayai hidupnya dan menyewa sepetak kamar di pinggiran kota. Kebahagiaannya makin lengkap setelah dari rahimnya lahir seorang anak sehat walaupun saat itu usianya baru enam belas."

3. Nilai Sosial
Dalam cerpen tersebut terdapat beberapa nilai sosial yang dikemukakan oleh pengarang. Di antaranya adalah mengenai sulitnya menjalani kehidupan sebagai seseorang yang miskin. Hal tersebut dapat diamati dalam kutipan berikut.

"Baginya tak ada jalan lain. Hidup tanpa ijazah pendidikan formal bagai mendaki gunung tanpa kaki."

Dalam cerpen ini, juga ditampilkan gambaran sosial kehidupan perkotaan yang suram. Dalam cerpen tersebut diceritakan mengenai kehidupan tokoh utama yang menyambung hidup di tengah-tengah kezaliman. Ia terpaksa menjadi seorang pembantu rumah tangga di sebuah tempat jual beli narkoba dan tempat lokalisasi wanita tunasusila. Hal tersebut dapat dilihat dalam kutipan berikut.

"Bertahun-tahun, ia hidup dalam dunia hitam yang dikutukinya dalam hati. Baginya tak ada jalan lain. Hidup tanpa ijazah pendidikan formal bagai mendaki gunung tanpa kaki. Mungkin keajaiban Tuhan pulalah yang telah menghantarkannya pada pekerjaannya saat ini. Berkali-kali majikannya, seorang bandar narkoba, menawarinya untuk bekerja sebagai pengedar barang haram tersebut sekaligus sebagai wanita tunasusila."
2.    Perbedaan latar sosial dalam kutupan cerpen tersebut adalah …….




Sobat sedang membaca artikel tentang Contoh Soal Bahas Indonesia Dan Pembahasannya. Silahkan baca artikel Ahmad Khoirul Ma'ali Tentang
Description: Contoh Soal Bahas Indonesia Dan Pembahasannya
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Contoh Soal Bahas Indonesia Dan Pembahasannya

Posting Komentar